U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Cara Instal Windows 10 Di Macbook Air Dengan Bootcamp

Bagaimana Cara Install Windows 10 Bootcamp, tulisan ini akan menjelaskan langkah demi langkah cara instal Windows 10 di macbook air menggunakan bootcamp.


Cara instal windows di macbook dengan bootcamp merupakan solusi untuk mengatasi masalah buat para pemilik macbook yang masih belum familiar dalam penggunaan mac secara keseluruhan. Apple telah menyediakan aplikasi buat para penggunannya yang ingin menggunakan windows di macbook dengan menyediakan aplikasi Bootcamp.

Panduan cara instal windows 10 boot camp sudah saya rangkum secara detail. Silakan dibaca-baca tulisan ini hingga selesai dan pahami caranya. Cara ini terbukti berhasil menginstal windows 10 di macbook air tanpa kendala.

Pengguna macbook dapat dengan mudah menggunakan windows di mac dengan cara melakukan dual boot menggunakan bootcamp. Sekarang akan saya ceritakan sedikit pengalaman saat pertama kali menggunakan macbook air. Maklum saja karena keterbatasan dalam menulis, jadi ini adalah sebagai pengingat buat saya secara global saja alias tidak sedetail ingatan saya dalam menggunakan macbook.
  • Kecepatan booting macbook jauh lebih cepat dibandingkan windows
  • Aplikasi mac dapat digunakan dengan lancar, semisal membuka aplikasi imovie, photoshop, adobe air, dsb.
  • Terdapat perbedaan dalam pengaturan penggunaan aplikasi microsoft (word, exel, power point). Hal yang saya alami dalam penggunaan aplikasi word, exel dan power point di mac pada dasarnya tidak ada masalah apabila hasil pekerjaan kita yang mau diprint misalnya, maka print saja langsung dari macbook karena bila disimpan ke USB dan dikoneksikan ke windows, terjadi perubahan setting pada dokumen yang telah kita simpan. Hasil kerja yang tersimpan di macbook ini tidak sesuai pengaturannya bila di buka di pc atau laptop windows karena pengaturannya berubah. Jadi hasil pekerjaan yang telah selesai dan sudah kita simpan mesti diatur ulang di pc/ laptop windows. Jadi memang merepotkan, pekerjaan jadi lama.
  • Apple sebenarnya sudah menyediakan aplikasi office bawaan di macbook, seperti aplikasi pages, number, keynote. Pages fungsinya seperti word, number sama dengan exel kalau di windows, sedangkan keynote fungsinya sama dengan power point. Bahkan penggunaan keynote ini kalau menurut pendapat saya lebih power full karena hasil pekerjaan dapat di conversi dengan mudah ke dalam format video, pdf, html, dsb.
  • Namun karena belum terbiasa dalam penggunaan aplikasi office dan dukungan untuk windows penggunaan di windows jadi kurang pas menyebabkan saya kembali ke windows terutama dalam kebutuhan fitur aplikasi office microsoft windows.

Peralatan yang dipersiapkan untuk menginstal windows 10 di macbook air dengan bootcamp :

  1. Macbook berbasis intel
  2. File ISO Image Windows 64 bit, bisa Windows 7, Windows 8, Windows 10, sekali lagi ingat yang 64 bit karena baru versi 64 bit yang disupport untuk instal windows di mac dengan BOOTCAMP
  3. Windows driver support untuk bootcamp, bisa langsung unduh melalui bootcamp
  4. Jalankan aplikasi bootcamp 
Untuk video cara membuat usb bootable windows 10 di bootcamp menyusul pada lain kesempatan. Selamat belajar ya...  semoga berhasil menginstal windows 10 di macbook dengan mengikuti panduan yang saya jelaskan ini. Setelah semua peralatan untuk menginstal Windows 10 Bootcamp disiapkan, selanjtnya langkah-langkah yang dilakukan adalah :

Membuat Bootable USB Windows 10 Dengan Bootcamp.

Pertama, menjalankan aplikasi BOOTCAMP di macbook dan koneksi ke internet.

Kedua, centang 'Create a Windows 7 or latter version install disk dan biarkan centang 'Download the latest Windows support sofware from Apple' maka secara otomatis windows support sofware akan terunduh ke flasdish bootable. Proses pembuatan bootable windows di flasdisk dan proses download windows support sofware berlangsung sekitar (1) satu jam, tergantung pula pada kecepatan koneksi internet. Membuat Bootable USB Windows 10 Ketiga, pilih continue, choose/buka ISO image yang sudah disiapkan, lalu pilih flasdisk yang sudah terkoneksi dengan macbook. Membuat Bootable USB Windows Keempat, Continue, usb flasdisk akan terformat dan tunggu proses bootable dan proses download hingga selesai, lalu Quit. Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp Setelah proses pembuatan bootable usb windows di flasdisk selesai. Lanjutkan ke langkah berikutnya untuk menginstal windows 10 di mac. Di bawah ini panduan cara instal windows bootcamp sudah saya catatkan di blog ini, silakan di baca panduan cara instal windows 10 ini, semoga berhasil.

Menginstal Windows 10 Di Macbook Air

Setelah menyelesaikan tahap pembuatan USB bootable windows 10. Langkah selanjutnya ddengan usb bootable yang masih terkoneksi ke macbook, pada aplikasi BOOTCAMP pilih continue > centang Windows 7 or later version. Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp Pada tampilan sistem operasi mac dan windows, geser dibagian tengah untuk merubah kapasitas yang akan dipergunakan untuk instalan windows. Kapasitas standar windows adalah 36 GB untuk kapasitas SSD mac 120 GB. Atur besaran kapasitasnya dengan menggeser titik tengah antara macOS dan Windows, sesuaikan dengan kebutuhan ruang untuk instal windows 10. Selanjutnya Instal. Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp Tunggu prosesnya dan ikuti proses selanjutnya sebagaimana halnya langkah - langkah menginstal windows 10 di mac os, tunggu hingga booting dan muncul tulisan Booting from Boot Camp Assistant created USB drive... setelah itu lanjutkan langkah instal Windows seperti gambar di bawah, nomor 1 pilh next, 2 centang box I accept the licence terms, 4 pilh drive BOOTCAMP lalu format ok, tunggu proses format hingga selesai dan selanjutnya next untuk proses Installing Windows. Proses Instal Windows 10 Bootcamp Lanjut pada proses nomor 5 yaitu Installing Windows Bootcamp sedang berlangsung dan ikuti prosesnya sampai tahap nomor 6 langsung next, nomor 7 pilih I accept the term in the license agreement. Sampai pada tahap nomor 7 seperti yang terlihat pada gambar di bawah, proses instal windows 10 bootcamp di macOS sudah selesai. Langkah selanjutnya melakukan pengaturan windows, instal kelengkapan aplikasi windows sesuai kebutuhan. Cara Instal Windows 10 Bootcamp Demikian catatan blog pada hari ini perihal bagaimana cara instal windows 10 di macbook air dengan bootcamp dimana dalam penjelasan prosesnya telah disampaikan secara ringkas dalam tulisan ini. Video proses instal wondows dan pembuatan USB bootable windows 10 bootcamp akan saya update melalui channel youtube. Untuk postingan lainnya yang berkaitan dengan solusi mengatasi SSD macbook yang kehabisan ruang, silakan baca artikel Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External. Salam blogger dan semoga sukses. 

I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

2 komentar

  1. Wah terima kasih atas informasinya sehingga kami memahami terkait install dual boot via boot camp ini.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir
    https://bangamingadget.com/cara-install-dual-boot-windows-dan-mac-via-boot-camp/

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih bang amin, salam sukses selalu...

      Hapus