U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Cara Instal Windows 10 Di Macbook Dengan Bootcamp

Postingan mengenai cara instal windows di macbook dengan menggunakan bootcamp sudah pernah dibahas sebelumnya yaitu saat saya berhasil dan sukses Menginstal Windows 10 Di Macbook Air menggunakan boot camp. Sebagai update terbaru maka pada postingan kali ini saya juga akan membahas cara yang sama yaitu bagaimana cara menginstal windows 10 di imac dan macbook menggunakan aplikasi boot camp assistant bawaan dari apple yang sudah terinstal pada mac.

Update postingan perihal cara menginstal windows 10 di mac menggunakan boot camp assistant adalah untuk memperjelas bagaimana cara instal windows di mac menggunakan bootcamp secara lebih detail lagi dengan panduan langkah demi langgkah dalam bentuk video yang sudah saya uploud di channel youtube. Sebenarnya untuk menginstal windows 10 di macbook dengan bootcamp bisa dilakukan dengan mudah asal mau belajar, membaca dan menonton panduan yang dibuat, kemudian dipraktekkan sendiri secara mandiri.

Baiklah teman-teman sebelum lanjut pada isi pembahasan ada baiknya teman-teman like dan subscribe channel youtubeku ya untuk update video berikutnya selain bisa untuk silahturahmi juga.

Sekarang langkah apa yang mesti dilakukan untuk menginstal windows 10 di mac. O ya... untuk windows di mac bisa saja menggunakan windows 8 atau windows 7, terserah teman teman disesuaikan dengan kesukaan masing-masing.

Untuk menginstal windows 10 di mac boot camp mulai dari awal :
  1. Siapkan file ISO windows 10 x64 karena yang baru disupport oleh aple untuk windows di mac adalah windows x64.
  2. Flasdisk atau USB 8 GB sebagai usb installer windows 10, kenapa mesti dengan kapasitas 8 GB. Hal ini untuk menghindari penuhnya kapasitas flasdisk pada saat membuat usb bootable windows 10. Windows 10 saja ukurannya mencapai 4 GB lebih ditambah driver bootcamp sekitar 2,7 GB. Jadi flasdisk 8 GB sudah cukup untuk membuat bootable windows 10.
  3. Apabila telah selesai membuat bootable windows 10 dengan bootcamp selanjutnya unduh file Windows Support Sofware melalui bootcamp. Lalu copy isi file yang telah diunduh ke usb bootable windows 10.
Saksikan videonya videonya di bawah ini untuk tahap awal yaitu cara membuat usb bootable windows 10 menggunakan bootcamp dan ikuti panduannya langkah demi langkah.

Selesai melakukan langkah di atas yaitu membuat usb bootable windows 10 dan isi file atau driver bootcamp Windows Support Software telah tercopy ke usb bootable atau flasdisk instalasi windows 10. Langkah selanjutnya adalah menginstal windows 10 di macbook dengan bootcamp. Usb atau flasdisk tetap dalam keadaan terhubung ke macbook lalu buka aplikasi bootcamp assisten untuk menginstal windows 10 di mac.

Video cara menginstal windows 10 di macbook dengan bootcamp. Nanti akan saya sertakan pada tulisan ini untuk melengkapinya. Saat saya memulai proses instalasi windows 10 di mac, dari rekaman video terlihat waktunya sekitar 44 menit. Untuk panduan pada video di bawah ini telah saya persingkat tampilannya tanpa mengurangi maksud dan tujuan informasi.

Selamat ya instal windows 10 di macbook dengan menggunakan bootcamp berhasil dilakukan. Dalam penggunaan dual boot macOS, untuk beralih dari windows ke macOS, dari masOS ke windows, caranya pun sangat mudah. Hanya dengan menekan tombol 'option' pada keyboard mac sebelum booting hingga tampil pilihan Macintosh HD, Revovery Windows. (Lihat gambar).

Cara Instal Windows 10 Di Macbook Dengan Bootcamp
Macintosh HD, Revovery, Windows

Silahkan dipilih os yang akan dipergunakan, lalu tekan 'enter' tunggu proses booting hingga selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

2 komentar

  1. Wah terima kasih atas informasinya ya kak!

    kami juga punya artikel sejenis untuk sharing informasi,

    https://bangamingadget.com/cara-mengatasi-macbook-gagal-booting-folder-tanda-tanya-melalui-mode-recovery/

    yuk sharing ilmuu

    Terima Kasih

    BalasHapus